Selasa, Desember 18, 2018
Home > Tafsir > Tafsir Al-Quran Surat At-Taubah:71-72

Tafsir Al-Quran Surat At-Taubah:71-72

Tafsir Al-Quran

Surat At-taubah:71-72

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ أُولَٰئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللَّهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

71~ Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Maha perkasa, Maha bijaksana.
وَعَدَ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ أَكْبَرُ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

72~Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung.

*********
Berkata syeikh Abdurahman as-sa’di : ” artinya kaum lelaki dan wanita mereka adalah penolong kepada sebagian yang lain dalam kecintaan,berloyal dan menolong.
(Memerintahkan kepada kebaikan) sebuah penamaan yang mencakup terhadap segala yang di ketahui kebaikannya dari aqidah dan amalan dan juga akhlaq ,yang paling pertama mereka perintah adalah dirinya mereka sendiri.(melarang dari kemungkaran) segala yang menyelisihi kebaikan dari aqidah yang batil ,akhlak yang rusak serta amalan yang jelek. (Dan taat kepada Allah dan rasul-nya) senantiasa mereka terus berada dalam ketaatan kepada dan rasul-nya. (Mereka akan di rahmati Allah) Allah masukkan mereka ke dalam rahmat-Nya dan liputi dengan kebaikan nya. (Sungguh Allah maha perkasa dan bijaksana) bersamaan dengan maha kuat dan perkasanya Allah meletakkan sesuatu pada tempatnya dengan bijaksana sehingga Allah dipuji atas ciptaan dan perintahnya.
(Allah janjikan kepada …) Surga ini mencakup terhadap segala bentuk kenikmatan dan kebahagiaan, terlepas dari semua gangguan, mengalir di bawah istana dan rumah’ mereka sungai sungai mengairi untuk kebun kebun mereka yang sangat indah tidak ada yang mengetahui tentang kebaikan dan keindahannya kecuali penciptanya. (Dan tempat tinggal yang baik…) Yang dihiasi ,diperindah dan di persiapkan untuk hamba yang bertakwa dan di persiapkan didalamnya apa yang tidak akan meminta lagi lebih dari itu dan Allah persiapkan kamar kamar yang sangat indah bisa terlihat bagian dalam dari luarnya.
Faedah dari dua ayat di atas:
1~ Diantara sifat orang yang beriman adalah saling menolong,membahu dan kerja sama , sebagaimana didalam hadits Bukhari dan Muslim.
2~ pentingnya memerintahkan kepala kebaikan dan melarang dari kemungkaran sebagaimana dalam surat Ali Imran:110.
3~ Besarnya keberadaan solat dan Zakat dan kedudukan keduanya yang tinggi dalam Islam .
4~ bahwa taat kepada Allah dan rasul-nya merupakan sebab rahmat-Nya dan selamat dunia akhirat .
5~ keberhasilan yang besar di akhirat dengan masuk kedalam surga dan mendapatkan keridhaan Allah.

Semoga Allah menjadikan kita penduduk surganya. Aamiin.
=================
Pent. : Abu shaleh Riau